Karawang edarkan surat pembuatan akta kelahiran gratis

pemerintah kabupaten karawang, jawa barat, dengan dinas kependudukan juga catatan sipil setempat menyebarkan surat edaran ke tingkat desa se-karawang melalui pemerintah desa terkait dengan pembuatan akta kelahiran tidak mengeluarkan biasa.

kepala dinas kependudukan juga catatan sipil karawang eka sanatha, kamis, berharap situs pembuatan akta kelahiran gratis di daerahnya mampu memperbaiki kesadaran warga pada pentingnya mempunyai dokumen pribadi berupa akta kelahiran.

di diantara pentingnya mempunyai akta kelahiran bagi masyarakat negara indonesia ialah agar memastikan hak waris bagi keluarganya ataupun status anak-anaknya.

kita telah mengirimkan surat edaran ke desa-desa kurang lebih karawang apabila pembuatan akta kelahiran tersebut tidak mengeluarkan biasa, ujarnya, pada karawang.

Informasi Lainnya:

berdasarkan data dinas kesehatan karawang, sampai sekarang angka kelahiran bayi yang belum dilaporkan untuk mencari akta kelahiran di karawang mencapai sekitar 32 persen. sementara total keseluruhan penduduk dan tak memiliki akta kelahiran mencapai 56 persen.

sementara itu, dari awal juni 2013 dinas kependudukan dan catatan sipil karawang sudah menerima permohonan akta kelahiran bagi warga dan lahir di atas 1 tahun ataupun lebih, tanpa usah lagi melampirkan putusan pengadilan, sebagaimana syarat yang diberlakukan sebelumnya.

pembuatan akta kelahiran tidak mesti melampirkan putusan pengadilan kepada masyarakat yang lahir dalam atas 1 tahun serta lebih tersebut setelah muncul putusan mahkamah konstitusi nomor 18/puu-xi/2013 yang mencabut pasal 32 ayat (2) undang undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

ia mengimbau supaya masyarakat dan memohon pembuatan akta kelahiran bisa langsung datang ke dinas kependudukan juga catatan sipil karawang. karena bila dengan orang lain, dikhawatirkan dapat terkena uang jasa.

setiap pemohon akta kelahiran wajib membawa ktp, kartu keluarga serta surat nikah benar pihak tuanya supaya diperlihatkan ke petugas pencatatan kelahirannya. selain tersebut serta melampirkan surat keterangan lahir dari kepala desa ataupun lurah serta camat, katanya.