Para menteri pertahanan akui Indonesia menonjol

menteri pertahanan purnomo yusgiantoro mengatakan menteri-menteri pertahanan daripada negara-negara sahabat yang menemuinya menghargai serta menghormati peran juga posisi menonjol indonesia di asia.

purnomo telah menggelar sedikitnya 14 pertemuan bilateral dengan sederat menteri pertahanan juga pejabat pertahanan serta keamanan pada singapura, jumat juga sabtu kemarin di sela pertemuan tingkat tinggi keamanan ke-12 pada singapura.

dalam forum yang juga disukai the shangri-la dialogue (sld) sejak 31 mei hingga 2 juni tersebut, purnomo berbicara di sesi ketiga sabtu siang bertajuk modernisasi militer dan transparansi strategik bersama melalui menhan australia stephen smith juga menhan inggris philip hammond.

dia menyempatkan diri untuk menyerahkan wawancara kepada antara juga jakarta post sabtu malam kemarin.

Informasi Lainnya:

para menhan dan disebutnya mengapresiasi indonesia itu antara lain chuck hagel dari amerika serikat, stephen smith dari australia, philip hammond daripada inggris, itsunori onodera daripada jepang, jean-yves le drian dari prancis dan peter mackay dari kanada.

dalam pertemuan bilateralnya, menhan chuck hagel berkali-kali menungkapkan kiranya indonesia masuk kelompok emerging powers selama asia bersama dengan india dan china, tutur purnomo.

menurut dia, tim as dan membidangi kawasan asia pasifik hendak bertemu melalui tim indonesia agar menindaklanjuti pertemuan bilateral itu. hagel juga mengundang purnomo agar berhadapan selama as, selain serta dengan para menhan asean.

pertemuan bilateral purnomo serta kaum mitranya membicarakan sinergi militer serta alutsista. kerja sama yang dibahas mencakup antarpertahanan, militer, individu, pelatihan serta dan industri militer, katanya.

purnomo mengaku meyakinkan posisi indonesia jelas selama sengketa dalam laut china selatan yang melibatkan malaysia, filipina, brunei, vietnam, taiwan dan china.

sengketa pada wilayah itu diselesaikan secara bilateral dengan negara-negara pengklaim dan indonesia dijadikan bukan negara claimant terlibat dalam dimensi multilateral, ujarnya. kita inginkan kebebasan pelayaran selama laut china selatan juga menjadi kawasan damai dan stabil.

purnomo serta menyinggung modernisasi pertahanan indonesia dan tidak hanya dengan pengadaan persenjataan, sementara serta menciptakan bisnis membangun industri pertahanan nasional sendiri.

modernisasi militer dalam indonesia serta termotivasi dengan ambisi kami untuk memainkan peran dan meningkat selama pemeliharaan keamanan juga perdamaian internasional melalui operasi-operasi pasukan pemelihara pbb, katanya.