Presiden dijadwalkan bertolak menuju Swedia

presiden susilo bambang yudhoyono, senin pagi dijadwalkan bertolak menuju swedia supaya menggarap kunjungan kerja ditemani ibu negara ani yudhoyono.

kepala negara bersama rombongan dijadwalkan bertolak dari bandara halim perdanakusuma jakarta.

sebelumnya, staf khusus presiden jenis hubungan internasional teuku faizasyah di jakarta, menyampaikan kunjungan kenegaraan ke swedia dilakukan atas undangan raja carl xiv gustav.

ia mengajarkan bahwa kunjungan kerja ke amerika serikat merupakan supaya menghadiri pertemuan kelima panel tingkat tinggi agenda pembangunan pasca-2015 serta menyatakan laporan akhir panel terhadap sekretaris jenderal pbb ban ki-moon.

Informasi Lainnya:

rangkaian lawatan itu, menurut faizasyah, mau diawali dengan kunjungan kenegaraan ke stockholm, swedia, di tanggal 27--29 mei 2013.

selama pada swedia, presiden yudhoyono dijadwalkan mengerjakan kunjungan kehormatan pada raja swedia, carl xvi gustaf, mengerjakan pertemuan bilateral dengan pm swedia, fredrik reinfeldt serta ketua parlemen swedia, per westerberg.

tentunya kunjungan ini pun akan dimanfaatkan agar kian memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan, utamanya pada jenis ekonomi, lingkungan hidup, juga pendidikan, papar faizasyah.

menurut dia, selama pertemuan itu ingin dibahas isu-isu yang adalah kepentingan kedua negara, utamanya dalam jenis ekonomi, lingkungan hidup juga berubahnya cuaca, studi, kesehatan, infrastruktur, riset, juga teknologi.

dalam kunjungan tersebut, tutur dia, ingin ditandatangani sejumlah nota kesepahaman, antara lain, dalam jenis ilmu pengetahuan, teknologi juga inovasi, juga kesehatan.

selain pertemuan dengan pejabat tinggi swedia, presiden yudhoyono juga dijadwalkan hendak menerima sejumlah ceo perusahaan terkemuka swedia, diantara lain, ceo business sweden, ceo ikea, dan pemimpin perusahaan investor ab.

melalui pertemuan itu, faizasyah menambahkan, dicari kaum pelaku usaha utama swedia akan tambah diyakinkan atas potensi investasi pada indonesia.

dari swedia, presiden yudhoyono beserta delegasi hendak bertolak menuju new york, amerika serikat.

pertemuan kelima panel tingkat tinggi agenda pembangunan pasca-2015 tersebut merupakan pertemuan terakhir sesudah empat pertemuan sebelumnya, masing-masing pada new york, amerika serikat (september 2012), london, inggris (november kemarin), monrovia, liberia (februari 2013), dan bali, indonesia (maret 2013).

pertemuan ke-5 panel tingkat tinggi tersebut, papar dia, hendak dipimpin oleh presiden yudhoyono serta hendak membahas laporan akhir panel serta pengesahan catatan itu.

selanjutnya, presiden yudhoyono atas nama ketua bersama serta anggota panel ingin memberikan laporan tersebut pada sekjen pbb ban ki-moon.

presiden dan ingin menghadiri sidang majelis umum pbb untuk menungkapkan briefing terkait melalui laporan tersebut kepada presiden majelis publik pbb serta kaum anggota pbb.

pertemuan terakhir panel dalam new york dan mau dipimpin dengan presiden adalah kulminasi dari proses panjang penyusunan catatan panel terkait dengan visi jadwal pembangunan pasca-2015, papar faizasyah.

penyampaian catatan tersebut terhadap sekjen pbb menandai berakhirnya tugas juga mandat panel tingkat tinggi dan ditunjuk sekjen pbb.

sebagaimana halnya mdgs, jadwal pembangunan pasca-2015 yang digariskan selama laporan panel tersebut diinginkan mampu merupakan referensi negara-negara di memutuskan prioritas pembangunannya agar jangka masa 15--20 ke depan sesudah tahun 2015, ujarnya.

bertepatan melalui kehadiran presiden yudhoyono dalam new york, suatu organisasi nirlaba appeal of conscience foundation (aocf) mau memberikan penghargaan world statesman award.

penghargaan itu diberikan atas seluruh capaian dalam memajukan warga yang demokratis, ikut menciptakan tatanan internasional dan lebih damai, dan selama menyebabkan kemajuan yang lebih besar atas penghormatan ham, kebebasan beragama, dan hubungan antarperadaban.

presiden dan ibu negara beserta delegasi dijadwalkan tiba dalam tanah air di tanggal 2 juni 2013.