Sumur warga diduga tercemar BBM bocoran pipa SPBU

sumber air atau sumur milik penduduk sekitar pengisian stasiun pengisia bahan bakar umum (spbu) marapalam, kecamatan padang timur, kota padang, sumatera barat tercemar sebab beraroma bau bahan bakar minyak (bbm) diduga akibat kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah.

bocornya saluran pipa bbm bawah tanah spbu mendorong sumur milik penduduk sekitar tercemar dan berbau minyak, papar anggia salah asli penduduk dalam padang, sabtu.

menurut dia, kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah tersebut sudah berlangsung dari tiga tahun yang kemarin, penduduk telah mencatat pada pemilik spbu. jarak diantara spbu melalui rumah masyarakat hanya kurang lebih 500 meter.

namun, bagian spbu menyatakan aroma bensin maupun bahan bakar lain yang tercium tersebut wajar karena properti masyarakat berdekatan melalui spbu, ujar dia.

Informasi Lainnya:

tercemarnya air sumur akibat kebocoran saluran pipa itu, lanjut anggia penduduk terpaksa membeli air galon supaya mandi. penduduk tak berani mengkonsumsi air dari sumber air miliknya dulu dimana aroma air berubah bau bbm.

warga sangat cemas kepada kesehatan hingga tidak lagi mau memanfaatkan air daripada sumur, gamblang anggia.

hal senada dan dikatakan anton menyatakan, kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah dari spbu tersebut terjadi dari tiga tahun dan lalu.

warga setempat telah mencatat dalam pemilik spbu adanya kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah tersebut, namun tidak ada tanggapan daripada pemilik, ujar dia.

menurut dia, masyarakat amat mengkhawatirkan terjadinya kebakaran akibat kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah dari spbu tersebut.

kebocoran pipa bbm bawah tanah dari spbu tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran, juga kesulitan membeli air bersih, ungkap dia.

pemilik spbu harus bertanggungjawab agar membayarkan lagi kondisi air masyarakat yang tercemar. apalagi masyarakat sudah lama mengeluhkan kebocoran pipa spbu tersebut karena kejadian tersebut dikenal dari dua tahun, tegas anton.

sementara tersebut kabid.pemanggulangan dinas pemadam kebakaran juga bpbd padang, edi asri mengatakan, agar saat ini penduduk yang berada dalam sekitar spbu dilarang supaya melakukan model memasak pada pada rumah.

pemilik properti tidak bisa memasak di pada untuk tak terjadinya kebakaran, kata dia.

saat ini sbpu itu telah dipasangan garis polisi guna menghindari hal-hal dan tidak dinginkan. pemilik spbu untuk tetapi masa diminta untuk ditidak mengerjakan aktifitas,tegas edi asri.