FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia mengusulkan peluncuran kurikulum 2013 untuk ditunda karena dinilai belum banyak kesesuaian serta kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 itu ditunda lagi, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka pelatihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti selama seminar penguatan empat pilar kebangsaan dalam dunia pendidikan dan dengan tema mengukuhkan studi kewargaan kepada kokohnya nilai-nilai kebangsaan selama jakarta, selasa.

retno menilai guru merupakan kunci keberhasilan suatu pengaplikasian kurikulum.

guru sudah mesti dibangun sebab bagaimanapun dia adalah kucinya yang membuat alur kemana siswa ini mau dibawa, katanya.

karena itu, dia dan mengusulkan diadakannya latihan agar guru-guru agar memahami seorang kurikulum kalau akan diterapkan.

dia serta menolak ditermpakannya kurikulum 2013 sebab ada pilihan kompetensi dasar dan kompetensi inti yang tak dipaparkan dengan gamblang.

Lainnya: Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tak menggambarkan niat untuk membangun studi kita, katanya

guru studi pancasila serta kewarganegaraan (ppkn) sma 13 itu menilai sederat kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tak terintegrasi, oleh karenanya objek wisata pembelajaran besar supaya dicapai.

dalam kompetensi itu dikenalkan siswa harus mengenal pasal-pasal, sementara tidak dikenalkan pasal berapa. harus berapa ada pasal dan harus dikuasai mereka, katanya.

bahkan, retno memberi usul agar diselenggarakan uji coba kurikulum 2013 tersebut.

di pilihan negara serta digelar uji coba, semisal singapura juga inggris untuk mengetahui kekurangannya juga jangan terlalu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia mengusulkan uji silahkan itu kira-kira dalam dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara tersebut, direktur pembinaan sma direktorat jenderal studi menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menyatakan kurikulum 2013 itu baru di jenis dokumen rancangan (draft), makanya masih bisa dikaji ulang.

kalau banyak kritik, silakan ke badan penelitian serta pengembangan (balitbang) kemendikbud maka mampu dikaji, dikurang ataupun ditambah, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya dan sedang memasukkan pendidikan karakter serta budi pekerti luhur dalam kurikulum itu.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. sebab itu, kita percepat prinsipnya supaya memberikan porsi lebih banyak pada mata pelajaran ppkn untuk sd, smp dan sma, katanya.

harris mengajarkan kurikulum 2013 tersebut menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati yang membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian juga olahraga membentuk fisik dan tangguh.

dalam kurikulum 2013, beberapa mata pelajaran ingin disederhanakan, misalnya cuma akan ada enam dibandingkan 12 mata pelajaran dan akan diajarkan, seperti pendidikan aturan, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya serta penjaskes, sementara ipa dan ips hendak dihapus.

kurikulum yang mengisi anggaran sampai rp2,94 triliun itu bertujuan agar mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran serta menunjang pendidikan nasional ke arah dan lebih bagus yang juga merupakan tujuan nasional.