Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir selama kawasan baleendah, dayeuhkolot serta bojongsoang, kabupaten bandung terserah meninggi sehingga membuat ribuan keluarga selama bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum tinggal meninggi, sejak sabtu malam mereka tinggal mengungsi. mereka diminta mengungsi supaya tidak tertipu di rumahnya, papar kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir yang merendam sedikitnya sembilan kelurahan selama tiga kecamatan itu terserah meningkat sabtu lalu akibat hujan deras pada kawasan bandung raya, terutama daerah hulu citarum dalam dua hari terakhir.

ketinggian air dalam tujuan banjir itu bervariasi antara 50 sentimeter hingga hingga dua meter oleh karenanya merendam hingga atap rumah.

Informasi Lainnya:

masing-masing telah kenal lokasi pengungsian masing-masing, sehingga penanganannya mau lebih tidak rumit. jaraknya selama titik-titik yang sudah ditetapkan, katanya.

selain merendam pemukiman, banjir serta merendam sejumlah ruas jalan dalam kawasan tersebut seperti jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya dalam spbu jembatan dayeuhkolot tergenang banjir sampai semeter sehingga tak dapat dilintasi kendaraan.

juga ruas jalan pada jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya selama palasari, juga terendam sehingga jalur itu terputus. praktis arus kemarin lintas dari baleendah/majalaya menuju ke kota bandung cuma melalui jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak seluruh pengungsi menempati gor serta sekolah yang telah ditetapkan untuk web pengungsian. ada penduduk mencari mendirikan tenda-tenda dari terpal dengan membawa alat masak juga alas agar tidur selama tenda dan didirikan selama tempat lebih tinggi.

lebih aman manfaatkan tenda sendiri, apabila ke gor penampungan jaraknya jauh, lebih menarik di sini saja. meski harus mengikuti air bersih cukup jauh, papar fatimah, dalam tenda daruratnya pada bantaran sungai citarum.

banjir dalam kawasan baleendah tersebut belum menunjukkan mau surut sebab hujan deras masih menurun pada bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya juga cicalengka, serta bandung timur.

curah hujan masih lumayan tinggi, makanya kawasan banjir baru akan terjadi pada beberapa masa ke depan, papar marlan.