Kerusuhan di Kenya, 8 orang tewas

sejumlah pihak bersenjata menembak mati delapan pihak dalam serangan terhadap sebuah restoran pada kota garissa, kenya timur, kamis, papar palang merah kenya.

menurut palang merah kenya dalam pernyataan dipercaya mereka dalam twitter, lima pihak serta mengalami luka-luka tembakan pada serangan tersebut juga dibawa ke suatu rumah sakit setempat.

charlton mureithi, kepala kepolisian regional, mengatakan serangan itu berlangsung di sebuah restoran bernama kwa chege serta polisi masih mengusut siapa pelakunya serta berusaha memutuskan persentasi korban.

kejahatan dinamis. kami mesti mendatangkan motifnya sekarang, tutur mureithi pada reuters.

Informasi Lainnya:

kenya, yang merupakan web tinggal banyak warga somalia, dilanda gelombang serangan, terlebih selama nairobi juga kota pelabuhan mombasa, juga garissa, setelah pasukan negara itu memasuki somalia selama oktober 2011 untuk menumpas grup gerilya garis keras al-shabaab, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas penculikan serta serangan bom dalam selama wilayah kenya.

kelompok gerilya al-shabaab mengancam kenya sejak negara itu mengirim pasukan ke somalia selatan dalam pertengahan oktober 2011 supaya menyerang pangkalan-pangkalan gerilyawan itu, dan dituduh mengerjakan penculikan juga penyerangan di kenya.

al-shabaab membantah tuduhan kenya bahwa mereka mendalangi sejumlah penculikan penduduk asing di negara tersebut.

al-shabaab balik menuduh pemerintah kenya menggunakan isu penculikan sebagai alasan agar melakukan penyerbuan ke somalia.

dalam waktu kurang dari sebulan, asli hawa inggris serta benar wanita prancis diculik daripada kawasan wisata pantai kenya di dua insiden terpisah, dan merupakan pukulan besar kepada industri pariwisata dalam kenya.

pada 13 oktober 2011, dua perempuan pekerja santunan asal spanyol diculik daripada kamp pengungsi dadaab, kenya, kamp paling besar selama dunia yang adalah tempat bagi kurang lebih 460.000 pengungsi dan ada besar pihak somalia yang menyelamatkan diri dari kekeringan, kelaparan dan perang.

penculikan-penculikan itu diyakini dilaksanakan oleh al-shabaab somalia.

al-shabaab yang bersekutu melalui al-qaida mengobarkan perang selama beberapa tahun ini pada upaya menumbangkan pemerintah sementara somalia dukungan pbb.