Sekjen PBB sambut kesepakatan Serbia-Kosovo

sekretaris jenderal perserikatan bangsa bangsa ban ki-moon di jumat menyambut kesepakatan diantara serbia serta kosovo, juga mempunyai bantuan badan dunia itu untuk membantu penerapannya.

sekjen menyambut baik kesepakatan bermanfaat antara beograd serta pristina dan diparaf hari ini selama brussels, di bawah naungan perwakilan uni eropa agar urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, catherine ashton, kata pernyataan yang dikeluarkan dengan juru bicara ban yang dilansir xinhua.

serbia juga kosovo dalam jumat mencapai kesepakatan bersejarah untuk menormalkan hubungan mereka sesudah pembahasan dan difasilitasi uni eropa pada brussels, belgia.

kosovo, Satu provinsi serbia, dengan sepihak memproklamasikan kemerdekaan dalam tahun 2008. namun, serbia menolak mengakui untuk Salah satu negara yang merdeka.

Informasi Lainnya:

uni eropa mengaturnya untuk persyaratan awal terhadap pendapat uni eropa atas serbia kiranya negara tersebut mesti menormalkan hubungan dengan tetangganya, terlebih kosovo.

sekjen mengucapkan selamat dan memuji kaum pemimpin dari kedua bagian untuk penentuan tersebut juga mengharapkan kiranya perjanjian itu akan membawa masa depan dan cerah dan stabilitas abadi terhadap wilayah tersebut, tutur pernyataan itu.

sekjen sangat mengakibatkan para bagian untuk menuntaskan proses bersejarah ini serta mengambil langkah-langkah konkret supaya setia melaksanakan perjanjian, papar pernyataan tersebut.

pbb siap supaya membantu kaum bagian pada upaya tersebut.